Ini Perencanaan Dinding Turap (sheet pile) Kali Bekasi, Menelan Anggaran 180 Millyar

By Tegar News (TEN|STV) 07 Mar 2017, 10:41:28 WIBPeristiwa

Ini Perencanaan Dinding Turap (sheet pile)  Kali Bekasi, Menelan Anggaran 180 Millyar

Keterangan Gambar : Dinding turap (sheet pile) kali Bekasi roboh akibat terjangan air yang menghubungkan antara kali Cikeas, Cisadane, dan Cileungsi. (Foto/Ricky)


BEKASI, TEGARNEWS.com - Dinding turap (sheet pile) kali Bekasi roboh akibat terjangan air kiriman dari Bogor, yang menghubungkan antara kali Cikeas, Cisadane dan Cileungsi. Perencanaan Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Bakasi, perbaikan sheet pile akan di proses secepatnya.  

Selain itu Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR, Dicky mengatakan bahwa perbaikan kali Bekasi Cipendawa, pihaknya akan melakukan kordinasi ke Kementerian Pekerjaan Umum/Balai PU, rencananya akan dikerjakan secepatnya. 

"Kami akan kordinasi kepada  pihak Kementerian Pekerjaan Umum sudah direspon oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU)," ucap Dicky di ruang kerjanya usai rapat. 

Hal itu pun menjadi sebuah pekerjaan rumah untuk perencanaan Dinas PUPR, terkait infrastruktur yang akan di rencanakannya. Kabid Perencanaan PUPR, Erwin Guwinda sebagai ahli teknik ia akan melakukan pemasangan memakai bronjong, sheet pile dan bore pile untuk menahan beban debit air yang besar.

"Anggaran perbaikan kali Bekasi yang roboh di anggarkan 180M anggaran dari Kementrian, dan untuk lelang sudah sedang berjalan. Perencanaan Dinas kita pakai bronjong dan sheet pile kalau perlu kita pakai bore pile," ungkap Erwin di ruang kerjanya kepada Tegar News.

Menurut informasi yang di dapat, Walikota Bekasi Rahmad Effendi, mengirim pesan singkatnya melalui Wahtsaap, sheet pile kali Bekasi yang roboh akibat terjangan air kiriman, menelan anggaran sebesar 180 milyar. 

"Untuk tahun ini kerusakan sepanjang kali bekasi sangat memprihatinkan antara lain sheet pile yang di jatiasih dan pekayon juga ikut roboh dan sheet pile di proyek mengalami pergeseran beberapa tempat yang belum dipasang sheet pile mengalami longsor. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan menangani kali bekasi dengan anggaran 180 milyar di tahun 2107," kata Pepen sapaan akrab Walikota Bekasi melalui pesan singkatnya wahtsaap.

Terpisah, pengamat infrastruktur Kota Bekasi, Bonggar mengatakan, terkait robohnya tanggul sheet pile kali Bekasi, harus di rencanakan dengan menganalisa sedetil mungkin.

"Sisi kali yang roboh, karna kurang cermat menganalisa debit air yang datang, mereka seharusnya meneliti dari pintu air degan detail berapa kapasitas debit air pertahun. Semasa musim penghujan dan berapa kapasitas debit air perlima tahunan dimusim penghujan? ada kemungkinan pihak perencanaan Kota Bekasi tidak memperhitungkan banjir perlima tahunan, mereka (perencanaan-red) hanya memperhitungkan  banjir tahunan yang hanya 750 s/d 1500 kubik/detik," ungkap Bonggar. 

Bonggar menjelaskan bahwasannya mereka lengah untuk banjir 5 tahunan yang mencapai kapasitasnya diatas 2500 kubik/detik, maka seperti inilah kejadiannya.

"Berharap ditahap pelaksanaannya tidak asal jadi, dan pengawasan pun harus jeli, agar tidak terjadi ke dua kalinya tanggul site file roboh," pungkasnya.

Oleh : Ricky Jelly Cr | Editor: Stv



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pilihan Presiden RI 2019
  Joko Widodo
  Prabowo Subianto
  Gatot Nurmantyo

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article
  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Thousand Islands Jakarta

    Gak hanya pulau pari, semua wisata pulau yang ada di kepulauan seribu ( Thousand ...

    View Article
  • Supplier Handuk

    Tuuh,, makanya sering dicuci handuk nya,, karena ternyata handuk ini merupakan sarang ...

    View Article