Jepang Apresiasi Peran KPK Guna Menciptakan Iklim Investasi yang Bersih

By Tegar News (TEN|STV) 18 Jul 2018, 23:46:10 WIBPolitik

Jepang Apresiasi Peran KPK Guna Menciptakan Iklim Investasi yang Bersih

Keterangan Gambar : Delegasi ABC-J yang terdiri dari Akira Takeuchi, Kengo Nishigaki, Shinya Fujino, Takashi Naitoh, Takeshi Yoshida, dan lain-lain, disambut dengan ramah oleh pimpinan KPK yaitu Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, Saut Situmorang, Alexander Marwata dan dua orang penasehat KPK.


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Pertemuan Anti Bribery Committee of Japan (ABC-J) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam pertemuan tersebut menjelaskan, ABC-J memberikan dukungan nasehat hukum kepada perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia untuk tak menyuap para oknum pejabat.

Jepang memilki peraturan yang melarang perusahaan Jepang untuk melakukan suap, Sogok maupun korupsi terhadap oknum-oknum pejabat di luar negeri atau di negeri orang.

"Jika ada karyawan ataupun perusahaan Jepang terlibat suap maupun sogok (bribery) di negeri orang, maka si karyawan maupun korporasinya dapat dituntut di Jepang," tutur Laode M Syarif, Jakarta, Rabu (18/07/2018).

Dalam pertemuan tersebut Laode memaparkan, hal semacam ini terjadi di Thailand dimana seorang karyawan perusahaan Jepang di Thailand terlibat dalam menyuap pejabat di Thailand sebesar 60 juta Yen, dan perusahaan Jepang tersebut melaporkannya kepada Jaksa di Tokyo maka kemudian sang karyawan tersebut dituntut sementara perusahaannya mendapat semacam permaafan atau konsesi (bargaining plea).

"Hal seperti di Thailand inilah yang menjadi concern ABC-J, sebab itu ABC-J terus melakukan komunikasi, kerjasama termasuk dengan KPK agar perusahaan-perusahaan Jepang di luar negeri tidak terlibat bribery," tambahnya.

ABC-J mengapresiasi peran KPK selama ini, mendukung penuh KPK dan berharap bahwa KPK terus didukung dalam menjalankan tugasnya dalam memerangi segala bentuk suap, sogok maupun korupsi untuk menciptakan iklim investasi yang bersih dan sustainable.

Baca Juga: KPK dan Komite Antisuap Jepang Sepakat Perangi Korupsi di Sektor Swasta 

Semoga tindakan KPK dapat membuat efek jera  terhadap upaya sogok, suap dan korupsi. Bukan saja terhadap nilai yang  jumlahnya besar, namun juga suap apapun bentuknya karena dapat mengakibatkan enggannya investor termasuk investor Jepang  untuk berinvestasi ke Indonesia.

"ABC-J bertekad untuk membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga anti korupsi di negara mana pun termasuk dengan KPK di Indonesia yang memang menjadi salah satu perhatian khusus ABC-J agar korporasi Jepang yang ada di Indonesia terus maju dan berkembang, berbisnis secara clear, clean dan sustainable," tutupnya. (stv)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pilihan Presiden RI 2019
  Joko Widodo
  Prabowo Subianto
  Gatot Nurmantyo

Komentar Terakhir

  • RebeccaDaf

    Hello : ) we are a new business. And we give to businesses a $ 150 gift to ...

    View Article
  • Jual Showcase Cooler

    wah mantap nih goofood, makin rajin bakar duit dan berguna buat yang cuma modal ...

    View Article
  • JANEhaf

    How much will it cost to publish a banner of my website in your site for a one ...

    View Article
  • SvetlanaMos

    Займ срочно на карту онлайн без проверки ки - ...

    View Article