Perkara Meikarta, PAPD: Kejahatan Korporasi di Proyek Hunian Meikarta
Oleh: Marthen Y. Siwabessy, S.H. (Direktur Eksekutif PAPD)

By Tegar News (TEN|STV) 29 Okt 2018, 21:14:26 WIBHukum

Perkara Meikarta, PAPD: Kejahatan Korporasi di Proyek Hunian Meikarta

Keterangan Gambar : Marthen Y. Siwabessy, S.H. (Direktur Eksekutif PAPD).


Banyak Mata Mengawasi Proses Penuntasan Perkara Ini, Termasuk Mata Kami

Oleh: Marthen Y. Siwabessy, S.H. (Direktur Eksekutif PAPD)

JAKARTA, TEGARNEWS.com - Baru-baru ini KPK berhasil membongkar praktek penyuapan yang dilakukan oleh pengembang properti LIPPO Grup kepada  Pemerintah Kabupaten Bekasi. Setelah hampir setahun melakukan serangkaian pengintaian, akhirnya KPK berhasil melakukan penangkapan terhadap 4 orang tersangka pemberi suap dari LIPPO Grup, serta 5 orang tersangka penerima suap yg dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tidak tanggung-tanggung dalam rangkaian operasi penangkapan ini, KPK berhasil "menggulung" Billy Sindoro selaku Direktur Operasional LIPPO Grup sedangkan pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi KPK berhasil "menggulung" Bupati Neneng Hasanah Yasin.

"Penyuapan ini berkaitan dengan berbagai ijin yang sampai saat ini belum dimiliki oleh LIPPO Grup selaku pengembang hunian Meikarta," ungkap Marthen Y. Siwabessy, S.H. Direktur Eksekutif PAPD pada tegarnews.com, Senin (29/10/2018).

Selain itu Ia menjelaskan, sejak awal pembangunan kawasan hunian Meikarta memang sudah bermasalah. Deretan masalah yang mengiringi pembangunan hunian Meikarta antara lain adalah bahwa proyek ini memang sejak awal tidak masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Bekasi.

"Proyek hunian ini pun ditentang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena tidak sejalan dengan Rencana Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kota Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat," tambahnya.

Diketahaui dari sekitar 500 Hektar lahan yg dibutuhkan untuk pembangunan hunian Meikarta, Pemerintah Kabupaten Bekasi baru memberikan ijin tahap awal berupa Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) untuk lahan seluas 84,6 Hektar.

Kedatangan Menteri Kordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pada saat acara pemasangan atap menara Meikarta menambah legitimasi dan kepercayaan konsumen bahwa proyek Meikarta ini sudah direstui oleh pemerintah pusat.

"Dengan adanya OTT oleh KPK terkait praktek penyuapan untuk pengurusan perijinan yang dilakukan oleh LIPPO Grup kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi ini semakin memperjelas bahwa proyek hunian Meikarta memang dibangun diatas berbagai masalah perijinan, dan oleh karenanya pembangunan hunian megah tersebut harus segera dihentikan karena merupakan perbuatan yang bertentangan dengan aturan perundangan yang berlaku," tegas Dir. Eksekutif PAPD.

Kejahatan korporasi seperti ini memang perlu diungkap secara serius oleh institusi penegakan hukum. Kejahatan korporasi ini adalah satu bentuk "pengangkangan" terhadap kekuasaan Pemerintah serta aturan perundangan yang berlaku.

Perhimpunan Advokat Pro Demokrasi (PAPD) akan terus mengawal hingga tuntas proses pengungkapan kasus penyuapan terkait perijinan proyek hunian Meikarta yang merupakan bagian dari praktek kejahatan korporasi.

"Semoga KPK secepatnya memeriksa James Riady serta pihak-pihak terkait lainnya," pungkasnya.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Pemesanan Jasa SEO 11 Nov 2018, 05:29:48 WIB

    Makasih atas informasinya kawan.
    https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pilihan Presiden RI 2019
  Joko Widodo
  Prabowo Subianto
  Gatot Nurmantyo

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article
  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Thousand Islands Jakarta

    Gak hanya pulau pari, semua wisata pulau yang ada di kepulauan seribu ( Thousand ...

    View Article
  • Supplier Handuk

    Tuuh,, makanya sering dicuci handuk nya,, karena ternyata handuk ini merupakan sarang ...

    View Article