Saudi Dan Israel Jalin Kerja Sama Militer Rahasia

By Tegar News (TEN|STV) 09 Jan 2018, 11:46:37 WIBInternasional

Saudi Dan Israel Jalin Kerja Sama Militer Rahasia

Keterangan Gambar : (sumber foto PKSPuyengan.com)


TEGARNEWS.com - Koran Swiss Basler Zeitung mengungkap ada kerja sama rahasia antara Israel dan Arab Saudi untuk mencegah meluasnya pengaruh Iran di Timur Tengah.

"Hingga saat ini Riyadh selalu menyangkal normalisasi hubungan dengan Israel selama konflik Palestina-Israel belum usai," kata Pierre Heumann, koresponden Basler Zeitung, di Israel seperti dilansir laman Middle East Monitor, Senin (08/01/2018). Normalisasi itu belum diumumkan secara terbuka oleh negara Arab dan tidak akan ada pertukaran duta besar.

"Ada kerja sama rahasia intensif antara Arab Saudi dengan Israel yang tujuan utamanya mencegah proyek perluasan Iran dan merusak ambisi kawasannya," kata Heumann. Dia juga menyatakan 'ada kerja sama militer antara Saudi dengan Tel Aviv.'

Wartawan itu juga mengutip sumber dari Riyadh yang mengatakan 'Kerajaan saat ini mempertimbangkan akan membeli senjata Israel dan sudah tertarik dengan sistem pertahanan tank dan iron dome, yang menurut Israel sudah terbukti efektif menangkal serangan roket dari Jalur Gaza.'

Koran Swiss itu juga menyebut 'Riyadh ingin bisa menangkal serangan rudal dari Yaman. Baik Tel Aviv dan Riyadh menyatakan kerja sama antara kedua pihak sudah sangat maju meski Saudi secara resmi selalu membantah ada kerja sama dengan Israel.'

Direktur Badan Intelijen Amerika (CIA) Mike Pompeo awal Desember lalu mengatakan Saudi dengan menjalin kerja sama langsung dengan Israel dan negara Islam Sunni lainnya untuk memerangi terorisme.

Menteri Sumber Daya Energi Israel Yuval Steinitz dalam sebuah wawancara radio mengatakan 'ada sejumlah komunikasi dengan Saudi, tapi Riyadh meminta hal ini dirahasiakan'.

Oktober lalu, kata Basler Zeitung, sejumlah pejabat Saudi bertemu dengan pejabat Israel di muka umum. Pada Oktober dua pimpinan intelijen Israel dan Saudi berjumpa untuk berbagi pandangan soal kebijakan AS di Timur Tengah. Kepala intelijen Saudi Pangeran Turki al-Faisal berbincang dengan mantan bos Mossad Efraim halevy. Dalam Simposium Pusat Komunitas Yahudi di New York Faisal bahkan mengatakan dia siap berpartisipasi dengan sejawat Israel.

Oleh: Yudi|Editor: Reynanda



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Rudiansyah 09 Jan 2018, 17:35:34 WIB

    Bagus dan akurat

    Triviaa 09 Jan 2018, 18:08:18 WIB

    Bagus dan bisa menambah wawasan saya

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pilihan Presiden RI 2019
  Joko Widodo
  Prabowo Subianto
  Gatot Nurmantyo

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article
  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Thousand Islands Jakarta

    Gak hanya pulau pari, semua wisata pulau yang ada di kepulauan seribu ( Thousand ...

    View Article
  • Supplier Handuk

    Tuuh,, makanya sering dicuci handuk nya,, karena ternyata handuk ini merupakan sarang ...

    View Article