Tersangka Suap Meikarta Bupati Bekasi Punya Ratusan Surat Tanah

By Tegar News (TEN|STV) 16 Okt 2018, 09:03:47 WIBHukum

Tersangka Suap Meikarta Bupati Bekasi Punya Ratusan Surat Tanah

Keterangan Gambar : Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, 2018. Instagram


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Neneng Hasanah merupakan inkumben di Kabupaten Bekasi dalam Pilkada 2017 lalu. Dia bersama Eka Supriatmaja memenangi Pilkada Kabupaten Bekasi dengan mengantongi 471.585 suara. Dia diusung oleh Partai Golkar, PAN, NasDem, dan Hanura.

Berdasarkan Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara (LKPN), Neneng Hasanah memiliki kekayaan Rp 73.440.114.829. Harta tersebut kebanyakan berupa kepemilikan tanah dan harta benda lainnya.

Setidaknya Neneng memiliki 143 surat tanah yang kebanyakan lokasinya berada di Bekasi dan Karawang. Pembelian tanah tersebut berasal dari hibah tanpa akta, warisan, dan hasil sendiri. Total nilai dari kepemilikan tanah tersebut Rp 61.777.532.000,-

Kekayaan Neneng lainnya berupa dua unit mobil dengan nilai Rp 679.000.000,- Harta bergerak yang dia miliki bernilai Rp 452.708.400,- dan kas Rp 9.989.323.497,-

Selain itu, dalam laporan tersebut, tercatat harta lainnya milik Neneng bernilai Rp 2.200.000.000,- . Kemudian, Neneng pun memiliki utang sebesar Rp 1.658.449.068,-

KPK mengungkap kasus ini melalui operasi tangkap tangan yang digelar di Jakarta dan Surabaya pada 14 Oktober 2018. Dalam operasi itu KPK menangkap 10 orang dan menyita uang Sing$ 90 ribu dan Rp 513 juta.

Sebelumnya, KPK telah menangkat sembilan orang sebagai tersagka dalam dugaan suap Meikarta ini, baik pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan pihak swasta. KPK menyita barang bukti uang tunai senilai Rp 1 miliar dalam bentuk dolar Singapura dan rupiah. Diduga kasus yang sedang ditangani terkait perizinan properti.

Diketahui Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, sebagai salah satu tersangka kasus suap perizinan proyek Meikarta (suap Meikarta). Neneng diduga menerima hadiah dari pengusaha yang berasal dari Lippo Group.

"Kami simpulkan adanya dugaan pemberian hadiah atau janji kepada Bupati Bekasi dan kawan-kawan terkait pengurusan izin Meikarta," kata Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif di kantornya, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pilihan Presiden RI 2019
  Joko Widodo
  Prabowo Subianto
  Gatot Nurmantyo

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article
  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Thousand Islands Jakarta

    Gak hanya pulau pari, semua wisata pulau yang ada di kepulauan seribu ( Thousand ...

    View Article
  • Supplier Handuk

    Tuuh,, makanya sering dicuci handuk nya,, karena ternyata handuk ini merupakan sarang ...

    View Article